MENDIDIK DAN MEMBENTUK KARAKTER ANAK MELALUI KISAH TAHUN BARU ISLAM

Oleh : Parti Susilowati

Tahun baru islam atau hijriyah memiliki makna tersendiri bagi umat islam. Bergantinya tahun baru islam diperinggati pada satu muharam, Pada tahun baru islam ini ada peristiwa penting yaitu hijranya Nabi Muhammad  SAW dari mekah ke madinah, peristiwa tersebut merupakan momen yang sangat bersejarah bagi ummat  muslim, Alangkah baiknya tahun baru islam ini kita kenalkan pada anak usia dini ,sehingga anak dapat mengetahui  perjalanan nabi saat hijra dari mekah kemadinah dalam menyelamatkan dakwah Islam dari kafir Quraisy. Hal ini mengajarkan semangat perjuangan tanpa mengenal rasa putus asa, serta optimisme yang tinggi yakni semangat hijrah dari hal buruk menuju hal yang lebih baik. Seperti halnya Rosulullah SAW yang hijrah atas perintah Allah.

Rasulullah SAW serta para sahabatnya melawan rasa takut dan sedih saat hijrah, dimana mereka harus meninggalkan tanah kelahiran, saudara, dan harta benda yang mereka miliki. Hijrah dilakukan karena dakwah yang dilakukan Rasulullah SAW kepada kaum Quraisy terus mendapat tentangan, dan serangan hingga makar pembunuhan. Mereka semakin membenci ajakan Rasulullah untuk beriman kepada Allah SWT. Dari hijrah tersebut, Islam mulai mengalami perkembangan yang pesat dan makin luas sampai ke Makkah, dan beberapa daerah disekitarnya.

Baca juga : Menanamkan Karakter Anak Melalui Hari Raya Idul Adha

Penting bagi kita selaku orang tua dan pihak sekolah untuk mengenalkan tahun baru Islam sebagai upaya untuk mendidik dan membentuk karakter anak tentang semangat belajar pantang menyerah dan putus asa, melalui kisah Hijrahnya Rasulullah SAW. TKIT Insan Utama telah mengenalkan Tahun Baru Islam melalui kegiatan pengajian anak sholeh. Meskipun dimasa pandemi, kegiatan ini tetap dilakukan secara virtual bersama Ustadzah Mei Laely Hidayati, sebagai nara sumber. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 07 Agustus 2021.

Bagikan Artikel ini :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkini